Komentar

4C Cara Menentukan Kualitas Berlian

Berlianstyle.blogspot.co.id

Berlian memiliki keunikan karena sifatnya keras dan berkilau yang membuat banyak orang menganggapnya sebagai lambang keindahan dan cinta abadi. Berlian sudah kita ketahui telah menjadi idaman para wanita, kilau batu mulia ini mampu menarik perhatian setiap mata yang memandang.

Ada 4 karakteristik yang harus anda perhatikan saat memilih berlian, yaitu cut, color, clarity dan carat atau yang lebih dikenal dengan 4C.
  • Cut
Berlianstyle.blogspot.co.id

Berlian terkenal karena kemampuannya memantulkan cahaya yang berkilau. Potongan berlian harus proporsional dan simetris untuk menghasilkan pantulan cahaya yang sempurna. Ada 2 jenis potongan pada batu berlian Yaitu :
  1.  Faceted Gems, berlian dengan bentuk geometris dengan permukaan datar dan bersegi – segi.
  2.  Non-Faceted Gems, batu berlian yang tidak berbentuk geometris dan permukaannya datar. ( Bundar atau Oval )
Round Brilliant Cut 
Berlianstyle.blogspot.co.id

Bentuk potongan berlian round dengan 57-58 facet merupakan bentuk potongan yang memantulkan cahaya paling sempurna sehingga menjadi bentuk potongan terpopuler di pasaran. Tingkat potongan berlian dengan kualitas yang baik akan mendapat nilai Triple Excellent yaitu Excellent Cut, Polish and Symetry. Selain bentuk potongan round maksimal mendapat nilai Double Excellent.
  • Color
Berlianstyle.blogspot.co.id

Berlian akan semakin bernilai jika warnanya semakin bening. Berdasarkan skala GIA, berlian memiliki tingkatan warna mulai dari D ( Colorless ) sampai Z ( Putih kekuningan ). Selain Putih berlian juga memiliki warna lain seperti merah, biru, kuning dan hijau. Semua berlian tersebut berada dalam tingkatan Z+ dan biasa disebut dengan nama berlian “Fancy Color”.
Faktor yang mempengaruhi warna berlian meliputi peningkatan fluoresensi, iridasi, suhu dan tekanan tinggi. Proses iridasi digunakan untuk merubah warna berlian, yang biasa disebut berlian sintetis.
  • Clarity
Berlianstyle.blogspot.co.id

Clarity atau kejernihan, menjadi pertimbangan penting untuk kualitas berlian yang akan berpengaruh terhadap harga berlian. Jumlah, Ukuran, warna dan lokasi dari setiap kotoran atau cacat pada berlian akan berpengaruh pada tingkat kualitas berlian.
Nilai clarity mengacu pada pembesaran 10x dengan mikroskop atau kaca pembesar untuk melihat seberapa banyak kotoran atau inklusinya. Umumnya batu berlian yang beredar di pasaran memiliki tingkat kejernihan antara VVS1 sampai I3.
  • Carat
Berlianstyle.blogspot.co.id

Carat adalah satuan berat berlian, yang dibagi menjadi 100 poin. Berlian dengan 75 poin berarti beratnya 0,75 carat, Satu carat sama dengan 200 miligram ( 0,2 gram ) atau 100 poin. Berlian dengan ukuran carat lebih besar tidak selalu berarti lebih baik, dengan kualitas yang lebih tinggi berlian yang lebih kecil mungkin lebih bernilai daripada berlian yang lebih besar tapi kualitasnya rendah.
4C Cara Menentukan Kualitas Berlian 4C Cara Menentukan Kualitas Berlian Reviewed by PinkDiamond on 10.10 Rating: 5

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.